Sehina Itukah para Pesepeda?


Aku tahu aku paham, para pesepeda itu kaum minoritas. Banyak yang bilang orang yang naik sepeda itu kumuh, miskin, kere, bodoh, gak jaman, gak keren, dan lainnya yang jelek- jelek. Kalian boleh ngomong kayak gitu, boleh banget. Tapi para pesepeda juga manusia, kan? Sekarang aku tanya, dulu yang mendiami bumi duluan sepeda tau sepeda motor (dan kawan-kawan kendaraan bermesin lainnya)? Sepeda motor itu cuman perkembangan dari sepeda, gak jauh-jauh amat. Basic-nya juga dari sepeda keleus.

“Orang yang naik sepeda onthel itu pasti kere dan miskin, mana mungkin naik sepeda kalau punya duit”

Kenyataan emang bener 80% pemakai sepeda di Indonesia gak berduit, bukan orang kaya yang ngehamburin duit buat beli barang yang cuma bisa nambah polusi dan menambah angka kematian. Tapi mereka lebih bermartabat dari pada kalian. 20 % nya lagi toh juga bukan tipe orang kere. Pakai sepeda itu pilihan, pilihan yang bermanfaat tentunya. Alasan mereka pake sepeda itu karena kesadaran, mungkin karena emang gak bisa pake motor, gak mau naik motor, atau bisa naik motor tapi memilih naik sepeda. Nah, gimana? Daripada kere tapi sok-sokan naik motor lebih gak guna kan.

“Mereka yang naik sepeda itu ndeso, goblok, gak jaman, gak mutu”

Sepeda emang identik dengan orang desa yang emang gak ada kendaraan lain. Goblok karena mereka kan bukan keturunan bangsawan yang pinter, paling kalaupun dia masih muda orangtuanya Cuma bekerja jadi petani atau guru SD yang penghasilannya pas-pasan dan gak ada keturunan pinter, cerdas, berintegritas. Tapi kalian coba tengok ke negara- negara maju, ada gak motor yang lewat dijalan? Ada? Udah nemu? Coba ke Eropa deh, gak ada tuh bengkel motor paling cuman satu dua bengkel motor, itupun buat moge bukan motor bebek atau apalah itu yang banyak dijalanan Indonesia. “Tapi kan beda dong Indonesia sama Eropa? Mikir dong, mana mungkin kita ikut-ikutan, demografis dan lingkungan aja gak mendukung”. Nah itu pikiran orang yang gak openminded, lingkungan gak mendukung itu ya cara berpikir kalian, coba deh setiap orang paling gak yang berpendidikan deh, berhenti pake motor. “Tapi entar gini gini ini itu, rumahku kan jauh” nah, gak bisa kan, kebanyakn alesan kan? Bisa kalian kayak kita pake sepeda? Jauh? Pake angkutan umum dong. Masalah pemerintah sekarang bagaimana menyadarkan kalian pengguna motor itu, udah ngabisin subsidi, nambah polusi, nambah keruwetan lalu lintas. Kapan bisa maju ini negara? Saya mendukung banget BBM naik, karena apa? Biar kalian sadar, gak beli motor mulu. Kalau perlu bbm naik sampe 100 ribu aja sekalian. Coba deh setiap anak muda paling gak mikir, otaknya dipake mikir kayak gitu, kalau pengguna motor rendah, pemerintah juga nambah fasilitas umum, diperbaiki noh bus-bus umum.

Juga buat universitas yang katanya menjunjung green campus tuh, kebijakannya diperbaiki! Katanya educopolis tapi pengguna sepeda masih disis-sia kan, motor masih berlalu-lalang. Motor mobil ngehabisin lahan parkir doang. Mbokya dipikir kali cara mngusir mereka dari pada cuman pake KIK dan blablabla, kenapa gak pake bus kampus atau apalah. Dibuat jalur sepeda tapi yang make motor, speda disuruh lewat mana? Udara? Entar gantian ditabrak pesawat. Dibuat tuh speda kampus tapi nyatanya malah tersungkur karatan dipojokan. Jalan-jalanan tertentu malah ditutup, menghambat! Coba deh bikin peraturan maba harus pake sepeda sampai lulus, atau kawasan kampus bener-bener bebas kendaraan bermotor. Gak berani ditentang mahasiswa yang kaya dan anaknya pejabat? Ha, itu namanya bukan kampus kerakyatan.

Sekarang kalian mau apa? Mau nyacat mulu sama pesepeda, nyalahin kita terus? Malu gak sih kalian. Kalian itu lebih gak bermoral, gak tau diuntung tinggal di bumi. Paling gak, hormati lah kita para pesepeda dan pejalan kaki. Kita sama-sama pengguna jalan dan penghuni bumi, gak usah sok-sokan lah. Kita lebih tough daripada kalian!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s